Menu Close

Kiat Sukses Merintis Bisnis Di Usia Muda

Orangtua memang tidak memiliki ide segar, kemampuan dalam hal produktifitas dan ketahanan energi seperti yang dimiliki oleh anak muda kaum milenial. Namun mereka memiliki kelebihan dalam hal pengalaman dan pola pikir . Jadi tidak ada alasan buat kamu yang saat ini sudah memasuki masa pensiun, untuk tetap memulai bisnis mu sendiri.

Faktor kedua yang penting untuk dimiliki saat membangun suatu bisnis adalah kapasitas kita untuk menjalankannya. Ini terkait dengan kesiapan kita baik dari segi wawasan terhadap dunia bisnis, pengetahuan tentang bidang yang akan kita garap, serta kemampuan manajerial. Ini sama hal nya dengan yang dikatakan pendiri Facebook Mark Zuckerberg berkata bahwa ‘anak muda kini lebih pintar’.

Memulai bisnis pada usia muda

Pengusaha muda yang benar-benar mencintai dunia kewirausahaan pada akhirnya akan memiliki lebih dari satu bisnis. Untuk itu jadilah yang terbaik dan unggul melalui manajemen perubahan. Anda harus berubah, dimulai dari mengubah diri sendiri demi menjamin masa depan yang kita cita-citakan. Kesuksesan itu tidak datang seketika dan tiba-tiba, tetapi harus dimulai dari perjuangan, bahkan kegagalan dan kepahitan sering harus dilalui berkali-kali untuk menuju kesuksesan.

Meskipun usia Anda masih cukup muda, namun jangan pernah melupakan peran utama Anda sebagai seorang pemimpin. Siapkan psychological Anda untuk menjadi seorang pemimpin yang tegas, walaupun karyawan Anda memiliki usia yang lebih tua dari Anda. Untuk menghadapi kondisi tersebut, ada baiknya bila Anda membuat kesepakatan bersama dan menerapkan aturan-aturan tersebut di lapangan. Poin ini bisa Anda coba agar para karyawan tetap menjaga kedisiplinannya meskipun dipimpin seorang direktur yang lebih muda dari mereka.

Jika cita-cita kebanyakan orang jaman dulu menjadi pegawai negeri, jaman now orang berlomba-lomba untuk menjadi pengusaha di usia muda. Sayang untuk mencapai impian ini jalannya sama sekali nggak gampang. Jika kamu adalah salah satu pemilik impian ini, cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat rencana bisnis yang memiliki fleksibilitas dan inovasi bisnis di dalamnya. Dengan begitu banyaknya peluang yang dapat diambil, mungkin kamu akan bingung dalam memilih satu peluang yang akan dikembangkan. Pendiri Skin Game, Michella berkisah awal mula membangun bisnis kecantikan berbasis perawatan kulit atau skincare pada usia yang relatif masih sangat muda yaitu 21 tahun. Sebelum membuka bisnis ini, dia mengaku kerap mencari ilmu dengan pebisnis sejenis yang lebih lama terjun di bisnis kecantikan.