Menu Close

Anak Muda Ingin Memulai Bisnis, Lakukan 7 Hal Ini Halaman All

Rencana bisnis akan membantu pelaku usaha dalam menentukan sebab dan akibat yang dapat dilakukan. Sehingga nantinya Anda dapat menentukan prioritas dalam pelaksanaan bisnis. Dengan perencanaan bisnis, pelaku usaha dapat mengontrol jalannya bisnis sesuai dengan tujuan. Berkat kegigihan serta kerja keras yang dilakukan, Sally Giovanny selaku pemilik Batik Trusmi berhasil mengembangkan bisnisnya dengan melibatkan pengrajin Cirebon setelah lulus SMA.

Beberapa pengusaha sukses mengalami kemunduran dan Gatot , bahkan kebangkrutan, namun berhasil dengan cepat bangkit untuk menjadi besar di bidang mereka. Keberanian Anda untuk bertahan dalam menghadapi kesulitan dan kemampuan untuk bangkit kembali setelah kegagalan, akan menjamin kesuksesan Anda selanjutnya. Kampanye menggalakkan wirausaha untuk kaum muda memang dilakukan oleh berbagai pihak, mulai dari swasta hingga pemerintah. Hal ini bisa dikarenakan asumsi bahwa usia muda adalah momen yang tepat untuk melakukan inovasi, seiring dengan stamina yang masih prima untuk bekerja keras membangun bisnis.

Memulai bisnis pada usia muda

Nah, untuk berani keluar dari zona nyaman, rasa nekat sangat diperlukan. Ingat, setelah semua tantangan berhasil dihadapi, Anda dapat melihat ke belakang dan merasa telah melakukan pekerjaan yang luar biasa. Ferry Unardi, pendiri situs booking tiket perjalanan dan pesan lodge, mengalami hal yang sama sebelum Traveloka menjadi market chief. Ferry pernah mengambil sejumlah keputusan kontroversial dalam hidupnya demi memanfaatkan peluang lain yang dirasa lebih menjanjikan. Ia berhenti kuliah dari Harvard hanya demi mendapatkan momen terbaik untuk memulai bisnis. Ia juga memutuskan untuk keluar dari Microsoft karena merasa tidak berkembang.

Beberapa tahun sebelumnya, ia memulai bisnis di bidang yang sama melalui saluran YouTube bergaya vlog. Namun, bukan pelanggan yang didapat, ia justru mendapatkan olok-olokan dari para netizen. Ferry cukup berani memulai debutnya di industri e-ticketing pada usia 23 tahun atau pada 2012 silam.

Semakin baik Anda memahami target pasar, maka semakin mudah untuk menghindari salah sasaran. Anda tidak perlu memberikan banyak usaha dalam mengejar hasil, karena nantinya Anda hanya akan merasa kecewa. Lebih baik bangun kebiasaan yang membuat Anda melakukan tindakan nyata untuk mencapai tujuan tersebut. Ketika Anda berhasil membangun kebiasaan tersebut, Anda akan jauh dari kegagalan.

Impian punya kekuatan yang sangat kuat untuk mendukung kita menjadi lebih sukses dan berhasil. Jika kita tidak punya goal maka kita itu seperti berjalan menelusuri jalan tapi kita tidak tahu mau ke mana. Hidup cuma sekali, dan waktu hidup banyak dihabiskan dengan melakukan sesuatu yang tidak jelas goal . Untuk itu kalau mau sukses semuda mungkin, miliki goal dan impian. Kita akan banyak belajar kisah perjalanan mereka memulai bisnis, mulai dari ideas sukses, sampai berbagai hal yang harus kta hindari. Mudah-mudahan kita bisa meniru semangat juang mereka, kesuksesan bukan dinilai dari berapa usia kita, tapi dari daya juang, semangat dan usaha pantang menyerah kita untuk meraih kesuksesan itu.