Jarang Diketahui, Berikut 5 Manfaat Buah Delima untuk Ibu Hamil

Jarang Diketahui, Berikut 5 Manfaat Buah Delima untuk Ibu Hamil

Belum banyak orang mengetahui besarnya manfaat yang diberikan oleh buah delima untuk ibu hamil. Proses kehamilan seorang wanita memang kerap kali memberikan banyak perubahan terhadap kondisi tubuh maupun produksi hormon. Oleh sebab itu, penting sekali mengonsumsi makanan sehat dan bergizi

Beberapa Khasiat Mengonsumsi Buah Delima untuk Ibu Hamil

Beberapa Khasiat Mengonsumsi Buah Delima untuk Ibu Hamil

Buah yang identik dengan warna merah akibat pigmen antosianin ini mengandung banyak senyawa aktif, seperti antioksidan dan berbagai vitamin serta mineral-mineral penting bagi perkembangan ibu hamil beserta kandungannya. Berikut 5 khasiat mengonsumsi delima terhadap kehamilan wanita menurut Pulsastart:

1. Melindungi Otak Janin Dalam Kandungan

Otak merupakan salah satu organ vital yang harus dilindungi dengan baik. Terlebih jika Anda sedang mengandung sebuah janin di dalam rahim, tentu kesehatan anak menjadi prioritas utama. Kemampuan berpikir dan kecerdasan bayi bisa dikembangkan sejak dalam kandungan.

Salah satu yang bisa Anda lakukan untuk melindungi otak janin adalah dengan mengonsumsi delima dalam bentuk jus. Pasalnya, di dalam buah ini terkandung senyawa antioksidan berupa polifenol serta bersifat antiinflamasi sehingga mampu menghindarkan peradangan dan juga stres oksidatif.

2. Menjaga Kestabilan Sistem Pencernaan

Kondisi kehamilan yang dialami oleh wanita sering menimbulkan berbagai perubahan di dalam tubuh, termasuk sistem pencernaan. Ibu hamil muda cenderung terkena sembelit serta gangguan lainnya. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah dan sayur dengan kandungan serat tinggi, seperti delima

Buah delima mengandung banyak sekali air sehingga berfungsi melunakkan feser sehingga gangguan sembelit bisa diatasi atau bahkan dicegah. Selain itu, serat di dalamnya juga memudahkan usus ketika mengubah sisa makanan menjadi kotoran untuk dikeluarkan.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Selain dapat melancarkan pengeluaran feses dalam tubuh, kandungan air yang melimpah pada buah delima untuk ibu hamil 3 bulan juga berfungsi melancarkan peredaran darah. Kelancaran aliran cairan kental tersebut bisa menghindarkan bumil dari penyakit anemia atau kekurangan kadar hemoglobin.

Seperti yang telah diketahui, penyakit anemia dapat menyebabkan janin terlahir secara prematur atau tidak tepat pada waktunya. Hal ini menyebabkan beberapa organ pada bayi belum berkembang dengan maksimal. Oleh sebab itu, rutinlah mengonsumsi buah delima agar peredaran darah bisa lancar.

4. Menangkal Radikal Bebas

Kehadiran radikal bebas dalam tubuh bisa disebabkan oleh senyawa asing yang ikut terbawa bersama makanan atau terbentuk secara ilmiah melalui berbagai proses oksidatif. Jika tidak segera dikeluarkan, maka akan sangat berbahaya terhadap tumbuh kembang janin Anda.

Mengonsumsi buah delima secara rutin dan dalam porsi cukup mampu membantu tubuh menangkal dan mengelurkan radikal bebas, serta menguatkan janin. Di dalam makanan berwarna merah merona ini terkandung senyawa aktif berupa antioksidan yang telah dikenal sebagai musuh dari zat berbahaya tersebut.

5. Mengurangi Risiko Kecacatan pada Bayi

Janin yang ada dalam rahim ibu hamil sangat membutuhkan banyak asupan nutrisi untuk melakukan pertumbuhan dan perkembangan. Mengonsumsi buah delima secara rutin bisa menjadi salah satu alternatif membantu tumbuh kembang bayi Anda sehingga proses kelahiran dapat berjalan lancar.

Buah delima mengandung banyak nutrisi untuk memenuhi kebutuhan bayi, seperti asam folat. Kandungan tersebut berguna menghindarkan janin dari kecacatan tabung saraf sehingga memudahkan buah hati tumbuh dengan sempurna. Rajinlah mengonsumsinya agar anak Anda tetap sehat.

Anjuran mengonsumsi buah delima untuk ibu hamil telah diserukan oleh berbagai ahli gizi dan kandungan. Oleh sebab itu, rajinlah mengonsumsinya agar anak terbantu melalui asupan nutrisi yang baik. Makanan sehat ini bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus.

Jangan lupa dibagikan ya!

Recommended For You

About the Author: Muhammad Luqmanul Hakim

Hobi Makan dan Baca Buku, Penyuka Tantangan dan Hal Baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *