Mudah dan Cepat, Begini Cara Membersihkan Tas Kulit dengan Minyak Kayu Putih

Mudah dan Cepat, Begini Cara Membersihkan Tas Kulit dengan Minyak Kayu Putih

Saat ini telah tersedia banyak sekali cara membersihkan tas kulit dengan minyak kayu putih. Pasalnya, langkah tersebut dinilai lebih sederhana dan terbilang efektif untuk menghilangkan kotoran serta membuat barang kesayangan Anda ini kehilangan warna kusamnya sehingga terlihat seperti baru.

Beberapa Cara Membersihkan Tas Kulit dengan Minyak Kayu Putih

Beberapa Cara Membersihkan Tas Kulit dengan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih sering sekali digunakan oleh masyarakat untuk meredakan perut kembung dan masuk angin. Namun, tak semua orang mengetahui bahwa cairan berwarna bening ini ternyata juga mampu digunakan sebagai penghilang debu serta kotoran pada tas kulit Anda. Berikut cara menggunakannya:

1. Siapkan Berbagai Peralatannya

Sebelum membersihkan tas kulit dengan minyak kayu putih, sebaiknya siapkan dulu berbagai macam peralatan yang dibutuhkan, seperti kapas. Anda bisa menggunakannya dari jenis apapun. Tujuan digunakannya komponen tersebut adalah karena teksturnya sangat lembut.

Kapas tersebut nantinya akan digunakan untuk mengelap seluruh bagian tas. Tentu saja harus memiliki tekstur lembut agar tidak ada bagian yang tergores ketika digosokkan pada medianya. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan minyak kayu putih, dan kain bersih serta kering sebagai pengering nantinya.

2. Tuangkan Minyak Kayu Putih

Jika semua bahan telah disiapkan, maka selanjutnya tuanglah minyak kayu putih ke dalam kapas yang Anda gunakan untuk menggosok tas kulit. Pastikan menuangkan secukupnya dan tidak berlebihan. Sesuaikan pula terhadap ukuran tas sehingga tak banyak bahan terbuang percuma.

Selain itu, kebutuhan minyak kayu putih juga bisa ditakar berdasarkan seberapa banyak dan sulit dihilangkan atau tidak noda yang ada pada tas kulit Anda. Agar tak berlebihan, tuangkan secara cukup untuk memeriksa tingkat kesulitan menghilangkan kotoran. Setelah itu, sesuaikan dengan kebutuhan.

3. Gosok Area yang Kotor dan Kusam

Apabila Anda telah mengetahui takaran yang sesuai untuk membersihkan tas kulit, maka mulailah menggosok bagian kotornya dengan kapas. Usahakan untuk melakukan gosokan searah dengan serat permukaannya. Jika menggosoknya secara berlawanan, maka dapat membuat kulitnya mengelupas.

Namun, jika noda tak juga hilang atau sulit untuk dihilangkan, maka lakukan penggosokan secara berkali-kali dan searah dengan serat kulit. Kerjakan secara perlahan agar tas Anda tidak mengelupas atau bahkan sobek. Bagian tali selempang juga bisa dihilangkan melalui gerakan memutar.

4. Diamkan Tas Kulit Hingga Mengering

Setelah menggosok dan memastikan bahwa tak ada noda yang tertinggal, maka diamkan tas kulit Anda selama beberapa saat, Tidak perlu terlalu kering, cukup pastikan bahwa minyak kayu putih sedikit mongering kurang lebih dalam waktu 5 menit saja.

Oleh sebab itu, penting sekali menentukan takaran penggunaan minyak kayu putih secukupnya karena semakin banyak Anda menuangkan untuk digosok ke tas kulit, maka makin lama juga proses pengeringannya. Sebaiknya tidak terlalu banyak, asalkan noda atau kotorannya bisa hilang.

5. Usap Tas Kulit Menggunakan Kain Kering dan Bersih

Langkah ini merupakan hal paling penting saat Anda menerapkan cara membersihkan tas kulit dengan minyak kayu putih. Pastikan kain yang akan dipakai untuk mengusap memiliki tekstur kering dan bersih sebab percuma jika kondisinya masih basah, maka kotoran akan mudah menempel lagi di permukaan.

Anda juga harus memastikan bahwa kain yang akan digunakan untuk menghilangkan sisa minyak kayu putih bersih dari segala kotoran. Hal ini tentu harus diperhatikan sebab akan percuma usaha menggosok jika pada akhirnya tas akan kotor lagi akibat proses pengeringan tidak dilakukan dengan benar.

Demikianlah ulasan singkat Pulsastart terkait cara membersihkan tas kulit dengan minyak kayu putih yang bisa Anda terapkan di rumah. cara ini juga dapat digunakan untuk membersihkan tas kulit sintetis, dengan begini Anda tak perlu datang ke tempat pencucian, cukup gunakan cairan bening tersebut sudah bisa membuat barang kesayangan ini terlihat bersih dan baru.

Jangan lupa dibagikan ya!

Recommended For You

About the Author: Muhammad Luqmanul Hakim

Hobi Makan dan Baca Buku, Penyuka Tantangan dan Hal Baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *