Begini Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil pada Malam Hari

Apakah Anda kerap kali terganggu karena harus ke toilet ketika sedang nyenyak-nyenyaknya tidur? Jika ya, maka penting sekali untuk mengetahui cara mengatasi sering buang air kecil pada malam hari. Langkah tersebut dapat dilakukan oleh siapa saja dan sangat mudah diterapkan setiap hari.

Beberapa Tips dan Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil pada Malam Hari

Beberapa Tips dan Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil pada Malam Hari

Hasrat untuk membuang air kecil dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti terlalu banyak minum sebelum tidur atau pola hidup dan konsumsi kurang sehat yang sering dilakukan. Masalah ini harus segera diatasi agar tidak menimbulkan penyakit baru. Berikut cara mudah mengatasinya menurut Pulsastart :

1. Hindari Mengonsumsi Air Putih Berlebih Sebelum Tidur

Konsumsi air putih setiap hari memang dianjurkan oleh beberapa ahli. Pasalnya, sebanyak 70% dari tubuh manusia terdiri dari cairan. Selain itu, meminumnya secara cukup setiap kali hendak tidur juga bisa membuat Anda terlelap dengan nyenyak serta membantu kulit beregenerasi.

Namun, terlalu banyak mengonsumsi air putih sebelum tidur ternyata menjadi penyebab meningkatkan hasrat untuk buang air kecil. Hal ini dikarenakan tubuh secara otomatis akan memproses cairan yang masuk dan kemudian dikeluarkan melalui urine oleh ginjal. Oleh sebab itu, sebaiknya minumlah secara cukup.

2. Perhatikan Jenis Obat yang Anda Konsumsi

Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi tekanan darah rendah, maka bisa jadi hal tersebut menyebabkan kebiasaan sering buang air kecil pada malam hari. Pasalnya, di dalam obat diuretik ini mengandung senyawa yang berfungsi membantu ginjal mengeluarkan zat natrium lewat urine.

Apabila natrium telah berhasil dikeluarkan dari tubuh melalui urine, maka jantung akan lebih mudah memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh sebab itu, sebaiknya konsumsi obat diuretik saat pagi hari agar tidur Anda tetap nyenyak dan tidak mudah buang air kecil saat sedang terlelap.

3. Mengenakan Kaus Kaki saat Tidur

Mengenakan kaus kaki ketika sedang tidur tak hanya berfungsi untuk melindungi kulit Anda dari udara dingin, namun juga mampu mengatasi kebiasaan buang air kecil pada malam hari. Hal ini dikarenakan posisi terlentang saat terlelap menyebabkan cairan tubuh mengalir ke kaki.

Apabila telah menumpuk, maka pembuluh darah yang ada di kaki akan menekan cairan tersebut untuk segera dikeluarkan melalui ginjal dalam bentuk urine. Oleh sebab itu, sebaiknya kenakan kaus atau selimut agar tidak terjadi penumpukan pada bagian bawah tubuh Anda.

4. Melakukan Olahraga Secara Rutin

Kegiatan berolahraga tak hanya mampu mempertahankan kesehatan dan kebugaran tubuh Anda, namun juga bisa digunakan sebaga cara mengatasi sering buang air kecil pada malam hari. Salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan adalah senam kegel atau pengencangan daerah di sekitar uretra.

Jenis olahraga ini terbilang sederhana dan mudah dilakukan oleh siapa saja. Caranya adalah dengan mengencangkan otot panggul dalam posisi seperti menahan buang air kecil selama 5 detik, lalu kendurkan lagi dalam waktu yag sama. Ulangi kegiatan tersebut sebanyak 4 sampai 5 kali.

5. Membatasi Konsumsi Minuman Berkafein dan Beralkohol

Mengonsumsi minuman berkafein, seperti teh dan kopi dapat menyebabkan Anda sering buang air kecil pada malam hari. Menurut seorang spesialis urologi di Amerika Serikat, konsumsi apapun yang mengandung kafein dapat mengiritasi kandung kemih sehingga hasrat untuk ke toilet sulit dikendalikan.

Sedangkan konsumsi minuman beralkohol juga dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk memperoduksi hormon antidiuretik atau ADH yang berfungsi mengendalikan ginjal dalam memproses cairan menjadi urine. Apabila sistem pengendali berkurang, maka akan sulit menahan buang air kecil.

6. Membatasi Konsumsi Garam Dalam Makanan

Menurut sebuah penelitian oleh doctor di Jepang, mineral dan garam yang terkonsumsi dan masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan batu kecil dalam ginjal. Hal ini berpotensi meningkatkan hasrat seseorang untuk sering buang air kecil pada malam hari.

Asupan garam yang tinggi setiap hari dan dalam jumlah yang cukup banyak bisa memicu kebiasaan buang air kecil pada malam hari. Oleh sebab itu, sebaiknya batasi konsumsi bumbu dapur satu ini agar Anda dapat tidur dengan nyenyak.

Itulah sedikit ulasan mengenai beberapa cara mengatasi sering buang air kecil pada malam hari yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Selain menjaga pola hidup tetap sehat, perhatikan pula asupan harian agar kemampuan mengendalikan hasrat ke toilet tetap berfungsi secara optimal. Selamat mencoba!

Jangan lupa dibagikan ya!

Recommended For You

About the Author: Muhammad Luqmanul Hakim

Hobi Makan dan Baca Buku, Penyuka Tantangan dan Hal Baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *