Inilah Efek Samping Sabun Bayi untuk Wajah Berjerawat

Inilah Efek Samping Sabun Bayi untuk Wajah Berjerawat

Sebagian besar orang percaya bahwa sabun pembersih badan khusus anak-anak ini juga mampu membersihkan muka dari jerawat. Namun siapa sangka, ternyata efek samping sabun bayi untuk wajah berjerawat justru menimbulkan masalah baru. Mulai dari kulit kering hingga memicu penuaan dini.

Efek Samping Sabun Bayi untuk Wajah Berjerawat

Efek Samping Sabun Bayi untuk Wajah Berjerawat

Pada dasarnya, sabun bayi sendiri diperuntukkan bagi badan anak-anak yang notabenenya masih bersifat sensitif. Pada beberapa wajah berjerawat pembersih tersebut juga ampuh mengatasi jerawat. Namun, di balik kelebihannya ternyata menimbulkan beberapa efek samping, seperti:

1. Kulit Menjadi Kering

Menurut sebuah penelitian, komposisi dari sabun badan berbeda dengan pembersih wajah, yakni memiliki kandungan zat surfaktan lebih banyak. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kelembaban kulit. Terlebih jika muka Anda lebih sensitif serta memiliki pori-pori yang kecil.

Kandungan surfaktan yang tinggi pada sabun bayi bisa menyebabkan kulit semakin kering. Akibatnya, wajah akan lebih banyak memproduksi minyak agar kembali mendapatkan kelembaban. Hal ini tentu bisa mengakibatkan jerawat semakin banyak sehingga penggunaan pembersih tersebut menjadi sia-sia.

2. Wajah Terasa Gatal

Bagi pemakai yang memiliki wajah berjerawat sekaligus sensitif, efek samping satu ini dapat dengan mudah terjadi pada kulit Anda. Pasalnya, formula dalam sabun bayi memiliki perbedaan signifikan terhadap pembersih khusus muka. Hal tersebut dapat memberikan dampak buruk untuk pengguna.

Kulit yang berjerawat dan sensitif akan lebih mudah mengalami reaksi jika tidak mengalami kecocokan terhadap suatu produk, seperti menimbulkan ruam, kemerahan, bahkan gatal-gatal. Jika hal tersebut dibiarkan, maka bisa membuat jerawat semakin banyak bahkan meradang.

3. Membuat Wajah Terlihat Kusam

Formula yang diberikan pada sabun bayi sangat berbeda dengan komposisi untuk pembersih khusus wajah. Pasalnya, kulit balita masih sangat tipis dan sensitif sehingga tak banyak mengandung bahan-bahan kimia. Kandungan tersebut tidak cukup membersihkan secara efektif pada orang dewasa.

Meskipun terbilang aman karena tidak mengandung banyak bahan kimia, namun efek pembersihannya sangat minim, bahkan pada beberapa jenis kulit malah menimbulkan efek kusam. Maka, sebaiknya gunakan pembersih khusus agar terhindar dari efek samping sabun bayi untuk wajah berjerawat.

4. Menimbulkan Penuaan Dini

Wajah yang berjerawat disertai sensitifitas tinggi akibat penggunaan sabun bayi bisa membuat jerawat semakin meradang bahkan menimbulkan efek penuaan pada wajah Anda. Apalagi jika usia masih muda, tentu hal tersebut sangat menganggu tingkat kepercayaan diri.

Selain itu, kandungan bahan-bahannya yang tidak cocok dengan permukaan tubuh orang dewasa bisa menyebabkan kulit Anda semakin kusam. Hal ini dapat memicu munculnya garis-garis halus pada wajah jika tidak segera dihentikan penggunaannya.

Itulah beberapa efek samping sabun bayi untuk wajah berjerawat menurut pulsastart yang sebaiknya Anda hindari. Menggunakan pembersih khusus untuk bagian tubuh satu ini harus diperhatikan. Pasalnya permukaannya terbilang sensitif serta dapat membuat pengaruh kompleks jika salah pakai produk.

Jangan lupa dibagikan ya!

Recommended For You

About the Author: Nela Arini

Pendaki mimpi, cantik dan baik hati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *