Sehat dan Mudah Didapat, Inilah 5 Makanan yang Mengandung Vitamin E

Sehat dan Mudah Didapat, Inilah 5 Makanan yang Mengandung Vitamin E

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Salah satu mikronutrien dalam bentuk alpha-tocopherol ini memiliki sifat layaknya senyawa antioksidan sehingga memberikan andil cukup besar terhadap ketahanan sistem kekebalan tubuh.

Ragam Pilihan Makanan yang Mengandung Vitamin E

Ragam Pilihan Makanan yang Mengandung Vitamin E

Konsumsi vitamin E yang dianjurkan adalah sebanyak 15 mg bagi pria serta wanita dengan usia di atas 14 tahun. Namun, jika Anda seorang ibu menyusui sebaiknya konsumsi minimal 19 mg setiap harinya untuk mendukung produksi ASI. Mikronutrien ini bisa diperoleh dari berbagai kelompok pangan, seperti :

1. Almond

Makanan yang berasal dari kelompok kacang-kacangan ini memiliki kandungan vitamin E sebanyak 7,4 mg dengan takaran 1 ons. Komposisi tersebut mampu memenuhi kebutuhan mikronutrien sebanyak 37% per harinya. Di dalamnya juga terkandung zat antioksidan yang berguna menangkal radikal bebas.

Tak hanya dua kandungan itu saja, di dalam almond juga terkandung banyak nutrisi kompleks seperti vitamin B, kalium dan zat besi. Ketiganya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melancarkan peredaran darah. Makanan ini bisa dikonsumsi secara langsung atau susu dan minyak.

2. Buah Alpukat

Siapa yang tidak mengenal buah alpukat? Si hijau satu ini banyak digemarin oleh berbagai kalangan dan terkenal dengan olahannya dalam bentuk jus. Di dalamnya terkandung banyak sekali nutrisi untuk memenuhi kebutuhan harian, seperti vitamin E, folat, kalium, zat besi, fosfor dan masih banyak lagi.

Dalam satu buah alpukat mengandung 4 mg vitamin E. mengonsumsinya sebanyak 2 biji bisa membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Selain itu, buah ini juga mampu meningkatkan kesuburan pria maupun wanita.

Nah, untuk cara mengonsumsinya pun beragam, seperti bisa dijadikan jus, ditambahkan dengan madu atau gula, dicampurkan ke dalam es atau dimakan langsung.

3. Sayur Bayam

Sayur berwarna hijau satu ini sering sekali ditemukan pada berbagai masakan. Bayam merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin E terbanyak. Bagaimana tidak, dalam takaran sebanyak 100 gram, di dalamnya terkandung mikronutrien tersebut sebnyak 41,4 mg.

Melalui komposisi yang sedemikian melimpah, maka tak heran jika sayuran berwarna hijau ini sering dikonsumsi oleh masyarakat sebagai makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Selain itu, di dalam bayam juga terkandung zat antioksidan berupa flavonoid untuk memperbaiki sistem imunitas tubuh.

4. Kerang Abalone

Tidak hanya sumber nabati saja, namun dari kelompok hewani juga terdapat sumber vitamin E yang bisa memberikan manfaat baik terhadap tubuh. Salah satunya adalah kerang abalone. Meskipun terbilang mahal, namun makanan dari laut atau seafood ini mengandung nutrisi sangat kompleks.

Kerang abalone mengandung zat besi, zinc, yodium, kalium, serat dan lemak omega-3 , sedangkan dalam takaran 100 gram penyajian, makanan dari laut ini memberikan kadar vitamin E sebanyak 4 mg. Anda bisa mengonsumsinya dengan direbus atau dijadikan tumis pedas yang mampu menggugah selera.

5. Biji Bunga Matahari

Produk kuaci yang sering dikonsumsi oleh masyarakat karena rasanya gurih dan sedikit manis tersebut dibuat dengan bahan dasar biji bunga matahari. Siapa sangka, jika di dalam camilan berbentuk mungil tersebut ternyata mengandung banyak sekali nutrisi kompleks, seperti vitamin dan berbagai mineral.

Dalam 100 gram kuaci, terdapat vitamin E sebanyak 35,17 mg. Jumlah tersebut tentu sangat banyak, bahkan mengalahkan kacang almond. Selain itu, di dalam biji bunga matahari juga terkandung zat lain, seperti protein, serat, potassium, zinc dan juga magnesium. Rutinlah mengonsumsi makanan sehat ini.

Demikianlah ulasan Pulsastart mengenai beberapa makanan yang mengandung vitamin E. Rutinlah mengonsumsi sumber pangan sehat, baik dari nabati ataupun hewani. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan baik agar mampu meningkatkan kinerja berbagai organ secara maksimal.

Jangan lupa dibagikan ya!

Recommended For You

About the Author: Muhammad Luqmanul Hakim

Hobi Makan dan Baca Buku, Penyuka Tantangan dan Hal Baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *