Menu Close

Trend Bisnis 2021 Peluang Usaha Menjanjikan Jaman Sekarang

Bisnis kuliner cukup banyak diminati lantaran tidak semua orang bisa dan mau memasak sendiri di rumah. Cukup dengan mengiklankan lewat Facebook, Instagram, dan WhatsApp Status. Menurut laman Forbes, bisnis ritel on-line menjadi sektor yang bertahan cukup baik di tengah Pandemi Covid-19. Ada berbagai produk mulai dari kuliner, pakaian, dan aneka perabotan dapat menjadi pilihan konsumen. Ada berbagai ide bisnis di masa pandemi yang dapat dilakukan guna menambah pendapatan. Ide bisnis di masa pandemi bisa bersumber dari hobi, seperti memasak, berkebun, berolahraga, dan aktivitas lainnya.

Melihat kondisi tersebut, kamu bisa memanfaatkan fenomena ini dengan menjalankan jastip sebagai peluang usaha baru di tahun 2021. Saat kamu pergi ke mall atau suatu tempat, tawarkanlah teman-temanmu untuk menitipkan barang yang mereka inginkan. Menjual perlengkapan dan bahan untuk dekorasi rumah merupakan peluang usaha baru yang bisa kamu rintis di tahun 2021 mendatang. [newline]“UMKM harus mulai melihat perlindungan jaringan, komputer, program, serta information Slot 88 yang ada melalui lensa bisnis perusahaan. “Sebab itu, pelaku UMKM perlu fokus untuk memperkuat daya tarik lokal serta menekankan peran positif usaha di dalam masyarakat agar produk serta penawaran lainnya dapat lebih menonjol di pasar,” kata Patrick. Fimela.com, Jakarta Pelaku UMKM yang berhasil bertahan melewati 2020 memiliki tantangan baru di tahun 2021.

Bisnis 2021

Simak cara-cara yang dapat Anda lakukan melalui video berikut ini. Metode menggunakan transaksi pembayaran non tunai atau cashless semakin banyak digunakan mengingat himbauan untuk tidak bersentuhan langsung. Hal ini sejalan dengan prediksi Bank Indonesia seperti dikutip dari Kata Data, transaksi menggunakan uang elektronik akan mencapai US$25 miliar pada 2023. “Investor akan melihat penanganan pandemi. Artinya, penciptaan lapangan kerja tidak akan tereksekusi. Jadi, akan sangat terkendala untuk pembukaan lapangan pekerjaan,” kata Timboel. Sempat diyakini mampu menyerap hingga 2,5 juta orang, perkiraan tersebut tampaknya bisa terpangkas lebih dari separuhnya. Tak hanya itu, kamu juga dapat menawarkan penyewaan kendaraan seperti rental mobil, motor maupun sepeda.

Justru jika pelaku bisnis online semakin mahir mengelola bisnisnya bukan tidak mungkin bisnis yang dikerjakan akan memberikan keuntungan yang lumayan. Seorang pebisnis yang sukses tidak hanya melihat keuntungan saat mengambil peluang bisnis yang akan dijalankan namun mereka juga melihat risiko-risiko yang akan dihadapi. Jadi, dalam menjalankannya selain semangat yang diperlukan pebisnis juga harus siap sedia dengan kemungkinan yang terjadi. Hal yang penting juga adalah bisnis yang dijalankan itu sesuai dengan minat dari pelaku bisnis. Jadi jika bisnis tersebut dalam perkembangannya mengalami kesulitan atau tantangan pebisnis tetap menghadapinya dengan gigih.

Kita ambil contoh, harga nasi goreng di tempat makan yang ada di mall rata-rata Rp35.000 per porsi, padahal bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat nasi goreng tersebut tidak sampai Rp10.000 per porsi. Meski tetap ada penurunan omzet ketika krisis ekonomi melanda, namun perputaran revenue yang besar dalam waktu cepat membuat usaha di sektor ini tidak punya alasan untuk mengalami kebangkrutan. Membangun toko online dapat dilakukan dengan membuat sebuah website atau platform sebagai sarana bagi transaksi pembelian produk secara on-line.

Tak hanya itu, kita juga harus pintar dalam melihat dan mengambil peluang untuk mencari penghasilan tambahan, salah satunya adalah dengan merintis bisnis. Meningkatnya penjualan bisnis online dapat kita manfaatkan di masa-masa seperti ini. Ide bisnis ini bisa menjadi peluang yang menggiurkan ketika Anda tinggal di area perumahan atau perkotaan. Sebab, mobilitas yang tinggi sering membuat orang yang tinggal di daerah perkotaan tidak sempat mencuci pakaian, terlebih menyetrikanya. Ketimbang bayar pembantu mahal, orang-orang lebih memilih untuk memakai jasa laundry kiloan. Makanya, jasa laundry menjadi peluang bisnis yang bisa Anda coba di tahun depan.

Usaha ini memang memerlukan keterampilan khusus, serta modal yang lumayan besar untuk membeli peralatannya serta menyiapkan ruangannya. Snack dan kue juga bisa dibuat dan divariasikan dengan berbagai bahan, mannequin dan bentuk hingga tampak menarik, asalkan rasanya tetap lezat. Semenjak merebaknya Covid-19 di Indonesia, kini banyak orang yang sadar akan pentingnya kesehatan.

Aturan terkait pembatasan perjalanan, jaga jarak sosial, dan kebersihan di masa pandemi covid-19 diprediksi akan membentuk kebiasaan-kebiasaan baru di tengah masyarakat. Sejumlah regulasi yang ditelurkan untuk mencegah penyebaran virus pun berpotensi besar menciptakan period baru bagi perekonomian. Pelaku bisnis bisa menggunakan teknologi AR, misalnya, untuk mencoba warna lipstik atau pengalaman take a look at drive digital sebelum membeli mobil. Banyak konsumen yang berbelanja dari rumah, namun, mereka mengharapkan pengalaman layaknya berbelanja langsung ke toko.

Pelaku bisnis juga dituntut untuk berani bereksperimen dengan cara berbelanja yang baru, seperti belanja melalui siaran langsung, media sosial, layanan berlangganan sampai menggunakan teknologi augmented actuality . Tahun 2020 yang berat membuat rasa empati antar orang yang semakin naik sehingga berpengaruh pada pilihan konsumen yang tak hanya menilai kualitas produk tapi juga nilai yang dibawa. Berdasarkan The 2020 Zeno Strength of Purpose Study, ternyata konsumen akan 4 kali lebih menyukai membeli produk serta merekomendasikan sebuah bisnis yang memiliki maksud yang kuat dan jelas. ‘Maksud’ di sini meliputi nilai, praktik bisnis, filosofi dari pelayanan konsumen, dan dukungan terhadap isu sosial. Sehingga tahun 2021, koneksi dengan konsumen wajib menjadi bagian yang perlu dipikirkan. Bahkan, 22% lainnya mengalami kesulitan untuk mendapatkan pembiayaan/kredit.